28 Feb
  • By Admin Pusat
  • Cause in

MIRIS PENGHORMATAN TERAKHIR UNTUK PAK TUA YANG MENINGGAL TERLANTAR

“Innalillahi wa innaillaihi rojiun” kembali ditemukan jenazah tak beridentitas. Seorang lelaki tua bertubuh kurus ditemukan telah meninggal dunia di bawah pohon .Tubuhnya yang kurus kering mulai dihinggapi lalat-lalat hijau. Sungguh tragis, tak ada seorang pun yang mengenali atau bahkan mau menyentuhnya. Jasadnya pun menjadi bahan tontonan bagi orang-orang yang sedang lewat. Berkat informasi dari salah seorang warga setempat, Tim Relawan Hafara dengan sigap meluncur ke lokasi dan membawa jenazah tersebut ke panti untuk disucikan.

Subhanallah, warga dampingan panti yang mayoritas menderita gangguan jiwa tersebut didampingi oleh pendamping dengan ikhlas mensucikan jenazah, mengkafani, dan kemudian melakukan shalat jenazah berjamaah. “Kasihan, melihat ada yang meninggal tapi nggak ada yang ngurusin.” Kata Gardi, salah satu warga dampingan Panti Hafara yang kondisinya mulai membaik. Selesai melakukan shalat jenazah, mereka memikul jenazah tak beridentitas dan membawanya ke pemakaman.

Tak ada keluarga, tak ada wajah yang dikenal, tak ada isak tangis yang biasa menjadi atmosfer di hari kematian seseorang. Perlahan namun pasti jasad lelaki tua itu telah tertutup oleh tumpukan tanah, seperti menutup segala deritanya di bumi ini. Tak ada taburan bunga dan upacara pemakaman, hanya bacaan Al-Fatihah serta doa dari warga dampingan dan relawan Hafara yang diharap dapat memperindah kuburnya.(PN)

Admin Pusat