Legal formal merupakan surat yang memiliki kekuatan hukum, bisa berkaitan dengan kelembagaan dinas maupun swasta. Semua surat legal ditulis dengan bahasa sangat formal dan gaya yang tegas. Prinsip penulisan surat legal yaitu jelas dan logis. Jelas artinya spesifik dan tidak menimbulkan salah tafsir karena adanya makna ganda. Sedangkan logis maksudnya surat yang dibuat harus memiliki dasar yang jelas dan bisa diterima akal. Dalam hal ini surat  berkekuatan hukum yang dimiliki oleh HAFARA mulai dari awal berdiri sampai sekarang sebagai beriku:

Pertama, lembaga sosial HAFARA telah memiliki SK BKPM D.I Yogyakarta No. 222/05/GR.I/2015 yang kemudian diperkuat dengan akta notaris Nukman Muhammad, SH.,MM No.06 pada Tanggal 8 Januari 2009. Untuk mengimbangi perkembangan zaman dan tahun semakin bertambah maka, lembaga sosial HAFARA juga memperbaruhi akta notaris Nukman Muhammad, SH.,MM menjadi No. 71 pada Tanggal 27 Agustus 2015.

Kedua, untuk memperkuat kelembagaan sosial yang berbasis swasta sehingga setara dengan level tingkatan partai politik dan diakui menteri hukum dan hak asasi manusia maka atas permohonan notaris Nukman Muhammad, SH.,MM sesuai akta Nomor 71 Tanggal 27 Agustus 2015 tentang pengesahan badan hukum yang tertera dengan nomor pendaftaran 5015082934101774 telah sesuai dengan persyaratan pengesahan badan hukum yayasan, maka Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia sesuai SK MENKUMHAM RI No. AHU-0012046.AH.01.04. Tahun 2015 yang ditetapkan di Jakarta, tanggal 29 Agustus 2015 dan disahkan oleh DR. AIDIR AMIN DAUD, S.H., M.H (plt. DIREKTUR JENDRAL ADMINISTRASI HUKUM UMUM). Memutuskan bahwa Lembaga Sosial HAFARA berubah menjadi YAYASAN ANUGRAH TUHAN HAFARA disingkat HFR .Tidak berhenti sampai disitu, SK MENKUMHAN ini juga menetapkan susunan organisasi YAYASAN ANUGRAH TUHAN HAFARA (HFR).