Hafara merupakan kepanjangan dari Hadza min fadli Rabbi. Secara harfiah Hafara berarti “kemurahan hati tuhan”.  Lembaga ini merupakan sebuah pondok sosial terpadu yang memiliki ikhtiar untuk nguwongke wong (memanusiakan manusia). Hafara berdiri pada tanggal 17 November 2005 di Bantul, Yogyakarta.

Awalnya Hafara adalah Rumah Singgah untuk anak jalanan dan terlantar. Lambat laun kegiatan Hafara berkembang dan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Kini Hafara menjadi Panti Sosial Terpadu yang terdiri dari:

Pertama, Pondok Asuhan Anak. Pondok Asuhan Anak merupakan tempat khusus untuk adik-adik yatim-piatu, kurang mampu, dan anak-anak pasca jalanan. Adik-adik yang memiliki niat kuat melanjutkan sekolah, berusaha menuju sholeh-sholehah, berbakti pada orang tua, dan berguna bagi masyarakat, negara, serta agama.

Kedua, Pondok Sosial. Pondok Sosial ditujukan sebagai tempat bagi rekan-rekan yang tidak mendapatkan tempat di masyarakat. Mereka adalah saudara-saudara kita yang kurang beruntung dan terpaksa harus hidup sebagai dhuafa terlantar. Termasuk di dalamnya saudara-saudara yang mengalami gangguan kejiwaan (ODGJ) hingga sering mengalami penegasian di masyarakat.

Dua Pondok tersebut kami  sediakan sebagai tempat sementara – pengganti rumah dan keluarga. Hafara memiliki keyakinan kuat sebagai tempat yang paling hangat dan nyaman, yang bisa menjamin pemenuhan kasih sayang; perlindungan serta kontrol sosial; hingga kesempatan untuk berkreasi dan mandiri. Pondok kami adalah rumah dan keluarga bagi adik-adik yang kurang mampu, yatim-piatu, dan pasca jalanan. maupun saudara-saudara kita dhuafa terlantar, terkena sakit kronis, maupun mereka yang memiliki gangguan kejiwaan. Kami percaya bahwa pondok adalah pilihan terakhir bilamana sudah tidak ada pilihan lain untuk menghadirkan kehangatan keluarga maupun kenyamanan di rumah sendiri.

Keluarga besar Hafara telah berkomitmen mengabdikan diri di jalan Allah untuk amemangun karyenak tyasing sasama (menyenangkan hati sesama manusia). Kami telah siap dan ikhlas dengan seluruh beban serta tanggungjawab sosialnya. Hafara berkomitmen membantu sesama melalui upaya penyaluran zakat, infaq, dan shadaqah kepada saudara-saudara mustahiq, dalam bentuk :

  1. Bea pelunasan tunggakan sekolahan.
  2. Sumbangan kepada dhuafa yang sakit.
  3. Pemakaman jenazah terlantar.
  4. Penjangkauan saudara-saudara kita yang mengalami gangguan kejiwaan namun terlantar.
  5. Ambulan gratis…tis…tis…

Demikian pengenalan singkat dari Panti Hafara, mari kita berjamaah masuk surga…. golek dalan padang (mencari jalan yang terang) assyrathal mustaqim dalam Fastabiqul Khairat…

100% shadaqahmu akan kami sampaikan.

Mari bersama-sama kita belajar memanusiakan manusia dan mulai bersetiakawan sosial.

Bila anda menemukan kondisi-kondisi seperti adik-adik yang kesulitan dalam pelunasan biaya sekolah, saudara-saudara yang sedang diuji dengan penyakit dan mengalami kesulitan, saudara-saudara kita yang mengalami gangguan kejiawaan namun terlantar, hingga jenazah terlantar dapat menghubungi kami di nomor : 0813-9232-5553 (emergency Panti Hafara).

 

Get connected with #Hafara :

IG :@pantihafara, Twiter : @orsos_hafara, Facebook : panti hafara, Fb Fanspage : belajar memanusiakan manusia dan Website : www.pantihafara.com