21 Jul
  • By Admin Pusat
  • Cause in

DAMPINGIKU BERJUANG MELAWAN GANASNYA PENYAKIT

Pak Sukirman namanya. Ia berumur  58 tahun. Tinggal di Ponggok I Trimulyo Jetis Bantul. Tumor ganas bersarang ditubuhnya. Sudah 12 tahun beliau berteman dengan penyakitnya itu.

Dulu ditahun 2004 pernah dilakukan operasi pengangkatan tumornya. Lalu setelah dilakukan pengangkatan Pak Sukirman diminta untuk kemoterapi. Tetapi tidak dilakukan. Pak Kirman lebih memilih menggunakan obat herbal dengan meminum jamu yang katanya khusus bagi penderita tumor/kanker.

Pak Kirman melakukan pengobatan herbal itu selama  4 tahun setelah operasi. Seminggu dua kali terus dilakukan.

‘’Riyen niku selama ngunjuk jamu niku hasil e sae mba, luka bekas operasi nggih dados lama-lama halus niko, terus kulo ngendiko kalih bapak e ‘’pak jodo pak jamune’’’’. Ungkap istinya.

Tetapi karena tanggungan biaya sekolah, pengobatan pak Kirman diberhentikan. Karena kekurangan biaya untuk membayar sekolah. Yaa.. Pak Sukirman memiliki 3 orang anak. Waktu itu anaknya yang pertama memasuki Sekolah Menengah Atas dan membutuhkan biaya. Selang satu tahun berhenti menggunakan obat herbal tiba-tiba dibekas luka muncul benjolan kecil-kecil seperti jagung sebanyak kurang lebih 4 butir.

Lalu setelah itu benjolan itu semakin lama semakin membesar. Pak Kirman periksa hanya di Rumah Sakit milik Yayasan. Disana dikontrol dan diberi perlengkapan untuk perawatan luka.  Menurut ceritq istrinya Dan selama 3 tahun terakhir ini benjolan semakin membesar. Sempat terjadi perdarahan lubangnya sekecil lidi tetapi darahnya mengalir terus. Pak Kirman di bawa Ke RS dan diberi obat untuk menghentikan perdarahan.

Setelah terjadi perdarahan dan adanya luka kecil itu, lama-lama luka itu melebar karena pertumbuhan tumor yang semakin membesar. Dan sekarang tumornya itu kelihatan seperti gumpalan daging. Setiap pagi sore istrinya merawat lukanya itu. Membersihkan dengan NaCL, di balut kassa steril, Ditutupi dengan pampers dan diikat dengan kain agar pampersnya tidak lepas.

Pak Kirman tetap melakukan aktivitas seperti biasanya. Bekerja di bangunan dengan meski dilehernya menggantung tumor sebesar kepala bayi. Selama 1 bulan terakhir pak Kirman merasakan sakit di lehernya. Badannya terasa linu-linu. Terkadang juga badannya terasa panas. Hanya bisa berbaring. Untuk jalan sekarang terasa sempoyongan. Lalu ia bilang kepada keluarga agar dilakukan operasi.

‘’kulo sakniki naming saget pasrah mbak, kulo pun ngendiko kalih keluarga, kulo purun dioperasi’’ ungkapnya.

‘’niku mpun ditari kalih keuarga mbak, tapi bapak niku mboten purun terus, lha niki kok njut nyuwun nggih pripun mawon carane keluarga berusaha pados biaya’’ sambung istinya.

Dulu keluarga sudah membujuk pak Kirman agar segera dilakukan operasi, tetapi pak Kirman selalu menolaknya. Dengan alasan belum siap dan memikirkan anaknya yang masih kecil dan membutuhkan  biaya sekolah. Anaknya yang nomer dua di Sekolah Menengah Pertama, sedangkan anaknya yang kedua di Sekolah Dasar. Tetapi karena rasa sakitnya yang ia rasakan sekarang tak mbisa menahan. Akhirnya sekarang mau.

Yaa Allah sungguh sabar sekali Hamba-Mu ini dalam menghadapi cobaan darimu, Begitu juga istri dan keluarga yang tulus merawat pak Kirman selama beberapa tahun.

Sebuah hadits riwayat Imam Muslim menuturkan sabda Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallam:

“Tidaklah seorang muslim terkena suatu penyakit dan lainnya kecuali karenanya Allah menggugurkan kejelekan-kejelekannya sebagaimana sebuah pihon menggugurkan daunnya.”

Imam nawawi memberikan penjelasan bahwa di dalam hadits tersebut ada pelajaran bahwa kesalahan-kesalahan akan dilebur dengan berbagai penyakit di dunia meskipun hanya sedikit kesusahannya.

Berbahagialah jika diberi cobaan sakit, karena sakit bisa jadi untuk penggugur dosa-dosa kita. Semoga dosa-dosa pak Kirman diampuni oleh Allah SWT.

 

Bisa dibayangkan bagaimana sabarnya pak Kirman dalam menghadapi sakitnya itu, masihkan sahabat banyak mengeluh dengan diberikan kesehatan. Mari kita berusaha sama-sama belajar bersabar dan berusaha bersyukur atas nikmat yang kita miliki saat ini dengan cara klik http://kitabisa.com/zakathafara

Admin Pusat